Festival kreatif tahunan, IdeaFest hari ini resmi di buka,(26/10/). Mengusung tema "C" yang dapat merepresentasikan banyak hal dalam perkembangan industri kreatif di Indonesia, IdeaFest 2018 mempertemukan berbagai insan kreatif lintas industri skala nasional dan internasional. Berkolaborasi dengan TheNextDev, Astra, Bank DBS Indonesia, dan Blibli.com, ratusan profit kreatif akan berbagi inspirasi dengan #GenerasiC yang hadir. Gelaran IdeaFest 2018 akan semakin meriah dengan hadirnya Spice-Up! Boot Camp, Awarding Night, hingga konsep IdeaExperience yang meliputi 020 Market, Lyfe!Fest, Art Space, dan berbagai program kreatif menarik lainnya.
"Generasi-C atau Connected Generatiom merupakan kelompok psikografis yang terkoneksi dan berkolaborasi dalam berbagai platform digital atau teknologi. Memiliki minat atau perilaku yang sama, Generasi-C biasanya hadir dalam berbagai komunitas-komunitas dan sangat pemilih dalam mengonsumsi suatu konten atau produk. Hal inilah yang membuat Generasi C yang dapat
menentukan arah perkembangan industri kreatif di masa depan,"ujar Ben Subiakto, Co-Chairman IdeaFest 2018 di Jakarta Conferensi Center Jakarta pada 26 Oktober 2018.
Minat peserta pada gelaran festival kolaborasi ini. “Sepanjang persiapan IdeaFest 2018, saya melihat antusiasme luar biasa dari kedua belah pihak, baik dari pembicara maupun #GenerasiC yang hadir. Sebab konsep ‘C’ benar-benar terasa dengan kehadiran berbagai nama besar lintas bidang ilmu. Kehadiran IdeaFest setlap tahunnya selalu mendukung revolusi dan membuka kesempatan serta peluang bagi #GenerasiC di Indonesna dan duma,” jelas Ben Subiakto.
IdeaFest 2018 semakin istimewa dengan kehadiran Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia dengan tema “Becoming a MILLENIAL Leader in The Age of Innovation”. Gelaran kreatif ini semakin meriah dengan kehadiran Arief Yahya (Menteri Panwusata), Luc Maynard (Creative Executwe of Walt Disney), Jaeson Ma (Founder of East West Artists dan Co-Founder of 88Rusmg), Steve Lillywhite (Grammy Award Music Producer), Ferdy Nandes (Facebook APAC), Will Travis (CEO Elevatnon Barn, exSidlee), Mario Kassar (Hollywood Producer), dan masih banyak lagi, IdeaFest 2018 hadir dengan lebih dari 102 sesi beserta 230 profil inspiratif dari dalam dan luar negeri.
Denny Abidin, General Manager External Corporate Communications Telkomsel, operator seluler yang mengusung program The Next Dev, turut memaparkan bahwa tema ‘C’ yang diusung IdeaFest 2018 mampu menarik ribuan #GenerasiC untuk saling menginspirasi dan saling terkoneksi. "Lewat program The NextDev mengajak generasi kreatif untuk terus mencari inspirasi agar dapat terus berkarya, terutama dengan memanfaatkan teknologi yang dapat memberikan dampak sosial positif (social impact) di tengah masyarakat. IdeaFest akan menjadi panggung bagi peserta ‘The NextDev, Telkomsel untuk mengangkat kualitas dan kompetensi para pemenang sehingga mereka dapat terus berinovasi. Tahun ini IdeaFest juga menjadi sangat istimewa dengan hadirnya Telkomsel Expenenoe Zone, berupa layanan masa depan Telkomsel yang mendukung transformasi digital Indonesia menuju revolusi industri 4.0, seperti IoT, Big Data, Digital Adverting, Mobile Lifestyle, dan Mobile Financial Service sebagai wujud keseriusan Telkomsel dalam membangun ekosistem digital Indonesia."
Boy Kelana Soebroto selaku Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, "Mengenai semangat partisipasinya yang terinspurasi dengan heme ‘C’ dalam IdeaFest 2018. “Bagi kami, tema ‘C’ adalah “Creativity", yakni penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang kesembilan kali diadakan pada tahun ini adalah anak muda kreatif yang memiliki program bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya. Kami berharap anak-anak muda kreatif ini dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama demi kemajuan bangsa,"imbuhnya.
Pendaftar program SATU Indonesia Awards 2018 mencapai 5.961 orang, melonjak 84,30/0 dibandingkan jumlah pendaftar 2017 sebanyak 3.234 orang.
Tahun ini IdeaFest juga tampil berbeda dengan program kolaborasi bersama Official Sponsor Bank DBS Indonesia, yaitu LyfeFest. Di sesi ini, pengunjung berkesempatan menyaksikan para penggiat usaha sosial dan ekonomi kreatif berbagi semangat, pandangan, serta kontribusi nyata terhadap kehidupan bermasyarakat. “Kami sangat antusias untuk turut serta berpartisipasi dalam ajang tahunan besar seperti IdeaFest tahun ini. Semangat yang diusung oleh IdeaFest senada dengan "Live More, Bank Less" yang merupakan komitmen Bank DBS Indonesia dalam memberikan layanan bank yang sederhana, nyaman, dan tanpa hambatan. Dengan demikian, nasabah berkesempatan untuk lebih menikmati hidup dengan memanfaatkan waktu yang ada untuk sesuatu yang lebih penting bersama orang terdekat. Di tahun ini, pengunjung, khususnya millenials juga dapat menikmati rangkaian acara LyfeFest, serta bertemu dengan beragam sosok muda inspiratif yang melakukan aksi nyata untuk masyarakat. Para wirausaha sosial pun akan memberikan inspirasi bagaimana menikmati hidup melalui upaya berbagi Semangat “Live more, Bank less” yang pasti seru dan memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung akan terasa ” ujar Mona Monika, Executive Director Head of Group Strategic and Marketing Communications (GSMC) PT Bank DBS Indonesia.
Turut berpartisipasi juga Blibli.com menyampaikan semangat mengikuti gelaran kreatif tahunan ini. “E-commerce dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Meskipun kontribusi ecommerce terhadap ritel nasional masih kurang dari 2%, tetapi ada perubahan perilaku belanja orang Indonesia yang cukup signifikan,” kata Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com, Lani Rahayu. Pada ajang IdeaFest 2018, Blibli.com menyiapkan areal Blibli.com 020 Market yang diisi oleh berbagai produk finalis The Big Start Indonesia (TBS) Season 3 yang telah dikurasi. Ada pula area instalasi seni (art installation) berisi karya pelaku kreatif lokal yang telah bekerjaasama dengan Blibli.com.
Sebagai e-commerce lokal, Blibli.com memiliki semangat mencari dan mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) kreatif dan inovatif agar masuk menjadi bagian dari ekonomi kreatif nasional. Upaya ini dilakukan dengan mengadakan kompetisi tahunan The Big Start Indonesia berupa pencarian pengusaha kreatif muda terbaik berhadiah terbesar di Indonesia. Selain itu, mengusung semangat “Buktukan Pada Mereka” mengajak para pengusaha kreatif dapat naik kelas, melalui kesempatan IdeaTalk pada Jumat 26 Oktober 2018, Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina akan menjelaskan lebih jauh
tentang The Big Start Indonesia bersama Bagus Rochadiat dan Iwet Ramadhan masing-masing selaku mentor dan project collaborator di The Big Start Indonesia Season 3.
“Kami percaya bahwa Indonesia memiliki berbagai potensi bagi dunia. Semoga IdeaFest 2018 dapat membawa angin segar bagi para pelaku industri kreatif, serta dapat memunculkan ide-ide baru yang bermanfaat bagi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. ” tutup Ben Subiakto.
Ideafest adalah festival kreatif tahunan yang diadakan di Jakarta dengan tujuan mengihspirasi dan menghubungkan berbagai stakeholdersindustry ekonomi kreatif, mulai dari pemerintah, investor, media, Innovator, pengusaha, hmgga
komunitas. Telah diadakan tujuh kali, Ideafest telah menjadi festival kreatif terbesar dn Indonesia yang telah menghadirkan pembicara-pembicara ternama Indonesia dan dunia.
Komentar
Posting Komentar