Salah satu subsektor yang sedang gencar didorong oieh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk menembus pasar dunia adalah kuIiner meIaIui promosi brand kopi Indonesia. Karena kopi saat ini tidak hanya dikonsumsi, tapi sudah menjadi gaya hidup. Konsumsi kopi yang meningkat juga menciptakan jenis yang baru. mereka yang menghargai "cerita di balik secangkir kopi".
Dukungan tentang pengembangan Industri kopi di Indonesia juga disampaikan oIeh Presiden Joko Widodo dalam arahannya pada perayaan Hari Kopi Intemasional di Istana Kepresidenan Bogor pada 1 Okiober 2017. Pengembangan Industri kopi di Indonesia bukan hanya berfokus pada hulu (budidaya) tapi Iebih pada hilir (kemasan, barista, ecommerce) yang menciptakan nilai Iebih (value added), dan penekanan pada peningkatan branding kafe dan produk kopi olahan Indonesia secara gIobal sehingga meningkatkan penghargaan bahwa Indonesia juga penghasil produk dan jasa kelas dunia.
Terkadang, karena banyaknya ragam dan asal daerah penghasil kopi di Indonesia, tidak ada satu jenis kopi pun yang bisa dianggap mewakili rasa kopi Indonesia secara menyeluruh. Akan Iebih baik biIa bisa terjadi penggunaan satu kata yang mudah diingat namun dapat menjadi Iambang dari kekayaan rasa, ketinggian mutu dan keunikan kopi Indonesia. Kata tersebut adaIah KOPI.
Kata kopi hanya digunakan oIeh Indonesia dan MaIaysia. Penggunaan kata kopi di depan setiap jenis kopi yang berasal dari Indonesia menjadi daya pembeda dengan sekedar
kata “coffee" Kata kopi tidak menghilangkan identitas daerah penghasil, dan memambah kredibilitas bahwa produk tersebut
dari lndonosia, telah melalui proses pengolahan terbaik.
Kata Kopi Gayo. Kopi java Preanger. Kopi Ijen, Kopi Blawan, Kopi Flores, Kopi Kintamani, Kopi Toraja.
Bekraf mengambil kebijakan untuk menggelar Roadshow Promosi Brand KOPI Dalam Rangka Pengembangan Pasar Luar Negeri. untuk saat ini yaitu Amerika dan Kanada. Bekraf memberikan fasilitasi dan dukungan untuk membawa brand kopi ke mancanegara. “Brand merupakan fokus pendukungan mengingat nilai Iambah terbesar ekonomi kreatif terdapat pada Intellectual Property (IP) yang terkandung di dalamnya.” kata Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Puji Mulia Simandjuntak di Upnormal Cafe Jakarta 6 April 2018.
"Program kopi ke Amerika dan Kanada ini diharapkan akan tercipta pembukaan cafe dengan brand Indonesia di Amerika dan Kanada. serta kerjasama berupa “sister cafe”, dan pemasukan kopi Indonesia ke beberapa master untuk dijual di pasar Amerika dan Kanada dengan tetap m.encantumkan brand Indonesia agar memberikan citra positif bagi Indonesia dan produk kreatif nasional di pasar internasional, " ujar Boni Pudjianto, Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri.
Adapun dukungan yang diberikan Bekraf di antaranya membiayai branding dan promosi selama roadshow, kompetisi roasting kopi. business meeting. coffee talk pada event Global Specialty Coffee Expo (GSCE), performance barista di setiap kota yang dilalui sepanjang roadshow di Amerika dan d't Vancouver (Kanada), dan mendatangkan pakar roaster dari Amerika ke Indonesia untuk memberikan workshop teknik roasting biji kopi yang sesuai
dengan selera pasar di Amerika.
Roadshow promosi brand dan kopi lokal di Amerika Serikat dan Kanada ini akan diikuti oleh pemilik brand cafe, brand kopi Iokal. den lembaga pembiayaan, yaitu: Gravfarm, Upnormal, First Crack, Kopi Boutique. Filosofi Kopi, Traffiquel/KopiKU, Anomali, den Lembaga Pembiayaan Ekspor lndonesia, dengan agenda sebagai berikut:
13 April-Los Angeles
Simpang Asia
14-16 April-San Francisco
Wrecking Balls, Cumaica Coffee,
Hole in the Wall, Andytown roastery Flywheel, Henrys house, MoU First Crack.
17 April-Portland.
Cup of Excellence.
Cafe Kopi.
18 s.d 22 April-Seattle.
loading GSCE.
Cafe and mastery visit.
BZB meeting and award for roasting competition.
23-24 April -Vancouver.
Nusa Cafe and other roasters.
From Farm to Cup business meeting.
Keberhasilan branding KOPI di dalam maupun di luar negeri akan mendonmg brand KOPl dan brand kafe lokal mamasuki pasar global (terdifusi ), akan meningkatkan gairah ekosistem kopi lokal dari hulu ke hilir dan membangkitkan kepercayaan diri pelaku kreatif untuk melakukan. penetrasi bisnisnya ke luar negeri.
Komentar
Posting Komentar